Senin, 29 April 2024

Laporan Akhir 2 - Modul 3

  





Percobaan 4

Komunikasi UART

1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

a. Hardware



1. Arduino Uno
Spesifikasi: 



2. LCD
Spesifikasi: 
  • Tampilan 2 baris @ 16 karakter, 5 x 8 pixel
  • Display controller: HD44780 (standar industri LCD)
  • Dilengkapi lampu latar warna biru/hijau/kuning
  • Sudut pandang lebar dengan tingkat kontras yang dapat diatur dan terlihat jelas
  • Tegangan kerja: 5V DC
  • Dimensi modul: 80 x 36 x 12 mm
  • Dimensi layar tampilan: 64,5 mm x 16 mm

3. Keypad




Spesifikasi: 
- 16 input digital
- Layout 4x5 dengan 20 tombol
- Support tegangan 0-5V DC

b. Diagram Blok



2. PROSEDUR PERCOBAAN [Kembali]

  • Rangkai semua komponen 
  • Buat program di aplikasi arduino IDE
  • Setelah selesai masukkan program ke arduino 
  • Jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul


3. RANGKAIAN SIMULASI DAN PRINSIP KERJA[Kembali]



Prinsip Kerja :

Master Arduino:

Pada program master arduino Pada kode master Arduino, prinsip kerjanya adalah membaca input dari keypad menggunakan library Keypad dan mengirimkan data yang diperoleh melalui komunikasi serial. Setelah mendefinisikan konfigurasi keypad dan inisialisasi komunikasi serial, program berjalan di dalam loop() dengan melakukan pemantauan terhadap input dari keypad. Ketika tombol ditekan, nilai yang dikodekan dari tombol tersebut dibaca dan dikirim melalui Serial.write(). Proses ini diulang dengan penundaan singkat untuk terus memantau input dari keypad.

Slave Arduino:

Pada program slave arduino, prinsip kerjanya adalah menerima data yang dikirimkan oleh master melalui komunikasi serial, dan menampilkan data tersebut pada layar LCD. Setelah menginisialisasi komunikasi serial dan LCD, program berjalan di dalam loop() dengan menampilkan pesan "Tombol :" pada layar LCD. Jika data tersedia di port serial, maka data tersebut dibaca menggunakan Serial.read(). Kemudian, karakter yang diterima akan ditampilkan pada layar LCD. Proses ini terus berjalan, sehingga layar LCD akan menampilkan karakter yang dikirim oleh master melalui komunikasi serial.

4. FLOWCHART DAN LISTING PROGRAM [Kembali]

a. Flowchart



b. Listing Program

Master Arduino

// MASTER
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
 {'1', '2', '3'},
 {'4', '5', '6'},
 {'7', '8', '9'},
 {'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4};
byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
 char customKey = customKeypad.getKey();
 if (customKey)
 {
 Serial.write(customKey);
 }
 delay(20);
}


Slave Arduino

//SLAVE
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
char message;
void setup()
{
 Serial.begin(9600);
 lcd.begin(16, 2);
}
void loop()
{
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Tombol :");
 if (Serial.available())
{
 message = Serial.read();
 if (message)
 {
 lcd.print(message);
 }
}
}

5. KONDISI [Kembali]
  

Modul 3 - Percobaan 4 Komunikasi UART


6. VIDEO RANGKAIAN [Kembali]




7. ANALISA [Kembali]






8. LINK DOWNLOAD [Kembali]

HTML                                       klik disini

Program Arduino Master          klik disini

Program Arduino Slave            klik disini

Video Percobaan                      klik disini

Datasheet Arduino                    klik disini 

Download Datasheet Keypad  klik disini

Download Datasheet LCD        klik disini











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4

  [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI     1. Pendahuluan     2. Tujuan     3. Alat dan Bahan     4. Dasar Teori     5. Perc...