Kamis, 08 Juni 2023

Laporan Akhir 1 Modul 2







1. Jurnal
[Kembali]






2. Alat dan Bahan [Kembali]
 1. Module D'Lorenzo (Panel DL 2203C, Panel DL 2203D, Panel DL 2203S)


 2. Jumper


3. Rangkaian Simulasi [Kembali]





4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]

Pada J-K flip-flop terdapat 4 kaki input yaitu R, S, J, dan K dan juga clock di kaki. Pada inputan R dan S merupakan aktif low dimana akan aktif pada saat diberikan input 0  . Jika inputan R aktif, maka output akan bernilai 0 dan jika inputan S aktif, maka output output akan bernilai 1. Apabila R dan S sama-sama tidak aktif. Terdapat 4 kemungkinan kondisi output, yaitu don't care, reset,set, dan toggle. Jika inputan R dan S tidak aktif, maka output akan dipengaruhi oleh input pada J dan K. Jika J berinput 1 dan K berinput 0, maka output yang dihasilkan yaitu 1 dan jika J diberikan input 0 dan K diberikan input 1 maka outputnya akan bernilai 0. Pada rangkaian D flip-flop pada dasarnya dibangun menggunakan R-S flip-flop. Perbedaannya terdapat pada inputan R yaitu inputan ke R terlebih dahulu diberi gerbang not. 
        
5. Video Rangkaian [Kembali]




6. Analisa [Kembali]

1. Pada percobaan 1 terdapat input x yang artinya not change. Kenapa dalam percobaan ini terdapat kondisi seperti itu? Apa penyebab dan kenapa ada kondisi ini?

Jawab:

Pada rangkaian percobaan 1 inputan x artinya tidak peduli apakah nilai inputan pada B2,B3,B4,B5 dan B6 diberi inputan 1 atau 0, jadi apapun input yang diberikan tidak akan mempengaruhi nilai output. Pada saat input R bernilai nol dan S bernilai 1 maka IC dalam kondisi reset karena pin R dan S berupa aktif low sedangkan pada saat input R bernilai 1 dan S bernilai nol, IC dalam kondisi set aktifnya input R dan S dan menyebabkan J-K ataupun D flip flop tidak berfungsi sehingga berapapun nilai inputnya tidak akan mempengaruhi hasil output.

2. Dalam percobaan modul 2 tentang flip-flop dikenal beberapa kondisi pada flip flop. Diantara kondisi tersebut adalah x, toogle, → dan terlarang. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kondisi X, toogle, → dan terlarang beserta contohnya! 

Jawab:

a. Kondisi X 

merupakan kondisi ketika berapapun nilai inputan yang diberikan tidak akan mempengaruhi hasil outputnya. Contohnya pada percobaan 1 karena pin R dan S nya tidak aktif maka berapapun input yang diberikan pada B2,B3 B4,B5 dan B6 tidak akan mempengaruhi hasil outputnya.

b. Kondisi toogle

Merupakan kondisi pembalik dari output sebelumnya. Jika output nol diberi kondisi togel maka akan menghasilkan output bernilai 1 begitupun sebaliknya.

c. Kondisi "→" 

merupakan kondisi dimana output pada kondisi sebelumnya dijadikan input pada kondisi sekarang atau setelah kondisi tersebut. Contohnya ketika suatu rangkaian menghasilkan output 0 maka output nol akan digunakan sebagai input pada kondisi berikutnya.

d. Kondisi terlarang

Merupakan kondisi ketika suatu input menghasilkan kondisi yang tidak valid yaitu ketika kedua inputan diberi nilai 1 dan hanya terdapat pada R-S flip-flop. Contohnya pada saat R-S flip-flop diberi input 1 dan 1 maka outputnya tidak akan valid atau jelas.

7. Link Download [Kembali]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4

  [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI     1. Pendahuluan     2. Tujuan     3. Alat dan Bahan     4. Dasar Teori     5. Perc...